Sistem Operasi Komputer

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting untuk menjalankan komputer. Fungsinya adalah mengelola memori komputer dan proses-proses yang berjalan di komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan demikian, Anda dapat berinteraksi dengan komputer tanpa mengetahui bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, maka komputer tidak akan berguna.

Tugas Sistem Operasi

Sistem operasi bertugas mengelola seluruh perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Pada suatu waktu, Anda menjalankan beberapa perangkat lunak sekaligus di komputer Anda dan dengan demikian beberapa perangkat lunak tersebut memerlukan akses ke CPU, memori, dan media penyimpanan. Sistem operasi mengatur proses-proses tersebut untuk memastikan setiap perangkat lunak berjalan normal.

Macam-macam Sistem Operasi

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat Anda pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi mereka dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain. Terdapat tiga sistem operasi komputer yang umum digunakan yaitu Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Saat ini, sistem operasi modern telah menggunakan antarmuka pengguna grafis (disebut GUI). Melalui GUI, Anda dapat menggunakan mouse untuk klik ikon, tombol, dan menu. Selain itu, GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.

Setiap sistem operasi memiliki GUI yang berbeda-beda, maka mungkin Anda membutuhkan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan GUI yang baru. Sistem operasi modern telah dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah dan mayoritas memiliki fitur-fitur dasar yang sama.

Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an. Sampai hari ini sudah terdapat banyak versi Windows, tetapi versi-versi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009), dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007). Windows sudah terpasang langsung pada komputer-komputer baru sehingga membuatnya menjadi sistem operasi yang populer.

Mac OS X

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Semua versi Mac OS yang terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), termasuk beberapa versi lainnya seperti El Capitan (dirilis pada tahun 2015), Yosemite (dirilis pada tahun 2014), Mavericks (dirilis pada tahun 2013), Mountain Lion (dirilis pada tahun 2012), dan Lion (dirilis pada tahun 2011) .

Berdasarkan StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Mac OS kurang dari 10 persen dari pengguna global sistem operasi. Statistik ini jauh lebih rendah dari persentase pengguna sistem operasi Windows (lebih dari 80 persen). Salah satu penyebabnya adalah bahwa harga komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows.

LINUX

Linux (diucapkan LINN-ux) adalah jenis sistem operasi open-source, yang kode programnya (source code) dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi Linux berbeda dari sistem operasi Windows yang bersifat proprietary (modifikasi kode program hanya dapat dilakukan oleh perusahaan pencipta Windows). Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Menurut StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Linux kurang dari 2 persen dari pengguna global sistem operasi. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah untuk dimodifikasi.

Tugas Latihan

Tugas 1

  1. Tuliskanlangkah / perintahuntukmelihatisidirektori sera melebarpada drive “D” dan “C” melaluiperintah DOS (command prompt).

Jawab:

Klik start      Accessories        Command Prompt

Ketik D:\>dir lalu enter

Klik start      Accessories        command prompt

Ketik C:\>dir lalu enter

  1. Tulislahlangkah / perintahntukmelihat program apasaja yang ter install pada computer denganommand Prompt!

Jawab:

Klik start        Accessories         Command Prompt

Ketik :wmic /output:D:\saftarsoftwere.txt product get name, vesion

Buka explorer                                       buka data “D”            cari file “daftarsoftwere.txt”

  1. Tulislah langkah / erintahuntukmenulis data pada drive “D” dengandaa “isiKartuOsis” dengan file “osisnamkunich” dancaramenyimpannya!

Jawab:

Klik Start            Accessories           Command Prompt

Pindahkedirktri D dengancaraketik “D:” lalulangkahselanjutnya

Ketik:

Copy con osistemunich

LalulangkahselanJutnYabuka file osistemunich.txt didirektori D isi data file tersebutdengan data tersebutdengan data kartuosis

Tampilan “file osistemunich.txt” yagtelahdiisi data sesuiakartuosis

  1. Tulislahlangkah/perintahuntukmenduplikasi file dari Drive “D” Ke “C”

Jawab :

Klik start        Accessories         Command Prompt

Ketik : Copy osistemunich.txt C:\tugas\osistemunich.txt

  1. Tulislahlangkah/perintahuntukmengganti (merubah) file tersebutpada drive “C” Menjadi “iniakunamakukelas”

Jawab :

Klik start        Accessories         Command Prompt

Ketik :

Rename C:\tugas\osistemunich.txt iniakutemu_ti17d2.txt

Maka file pada drive “C” tersebutsudahberubahnamamenjadi “iniakutemu_ti17d2.txt”

  1. Tulislahlangkah/perintahuntukmenghapus file tadipada drive “D”

Jawab :

Klik start        Accessories         Command Prompt

Ketik : D:

Del D:\osistemunich.txt

Maka file pada drive “D” tersebutsudahterhabus

Tugas 2

  1. Instal ulang sebuah laptop/computer yang sudah di sediakan
  2. Instal ulang dengan windows 7 ultimate yang terdapat pada kaset yang telah di sediakan
  3. Setelah itu ikuti tata caranya.
  4. Berikan nama computer dengan nama kalian seperti “User-pc”
  5. Setelah itu ikuti kembali tata cara penginstalan windows 7 ultimate

Jangan lupa untuk di dokumentasikan sebagai bukti bahwa kalian sudah menyelesaikannnya

Tinggalkan Balasan

Close Menu
×
×

Cart