9. Materi Photoshop I (Pas Photo)

Pas foto sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat KTP / SIM, Kartu Pelajar, Daftar Riwayat Hidup, dan hal – hal lainnya.Sering kali kita membutuhkan pas foto terbaru secara cepat dikarenakan suatu hal yang mendesak.Kadang kita tidak memiliki waktu untuk pergi ke tempat cetak foto digital untuk mengambil dan mencetak foto.

Selain itu untuk membuat pas foto di tempat percetakan foto digital membutuhkan biaya yang relatif mahal. Untuk itu disini saya akan memberikan tips tentang cara membuat pas foto menggunakan Adobe Photoshop.

Sebelum membuat pas foto, pertama kita harus mengetahui tentang ukuran pas foto. secara umum pas foto berukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 dengan satuan centimeter (CM). Background atau latar yang digunakan biasanya adalah warna merah dan biru.Warna merah berarti pasfoto untuk orang yang tahun kelahirannya ganjil, sedangkan warna biru untuk orang yang tahun kelahirannya genap. Berikut cara untuk membuat pasfoto menggunakan Adobe Photoshop

  1. Siapkan Foto
    Tentunya hal utama yang harus disiapkan untuk membuat pas foto adalah foto. Usahakan agar foto yang anda ambil memiliki pencahayaan yang baik. Lebih baik jika arah cahaya pada saat pengambilan foto adalah dari arah depan, bukan dari samping atau dari atas.
  1. Buka Foto menggunakan Adobe Photoshop

Untuk membuka foto menggunakan Adobe Photoshop caranya dengan klik kanan pada foto, kemudian pilih open with à  Adobe Photoshop CS 6. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS 6. “Cara ini dapat di gunakan walau dengan versi photoshop yang lain”.

2.Cropping

Kemudian lakukan croping untuk memisahkan latar dengan objek.Croping  dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dapat menggunakan pen, magic wand tool, atau dengan lasso tool. Cara termudah adalah menggunakan magic wand tool, namun jika ada kesamaan warna antara background dengan objek maka hasilyang didapat akan berantakan. Jadi, kali ini yang kita guanakan adalah lasso tool. 

  1. Klik kanan pada gambar laso “seperti tali yang melingkar” kemudian pilih polygonal lasso tool

2. Lakukan markingdengan cara klik lalu tarik pada objek dengan teliti, agar lebih terlihat perbesar gambar dengan cara menekan CTRL + “+” dan untuk memperkecil dengan menekan CTRL + “-“. Tarik Lasso hingga ke titik awal dimulanya marking

3. Kemudian Klik kanan pada objek, lalu pilih layer via copy

Tugas dan latihan photoshop

  1. Cobalah membuat Photo dengan memakai pakaian osis menggunakan kamera DSLR, di tempat outdoor(background pemandangan). setiap siswa memiliki foto dirinya sendiri dengan komposisi setengah badan dan seluruh badan. Posisi portrait. Setelah melakukan pemotretan. Maka file foto tersebut di simpan ke LAN.

2.Buka aplikasi photoshop, lalu masukkan file foto yang akan di edit.

3.Lalu rubahlah background nya dengan warna merah dan biru dengan format media 4R(10 cm x 15 cm)

4.Hasil jadi!!!

Tinggalkan Balasan

Close Menu
×
×

Cart